Akhirnya sampai juga di tahun 2016..

Alhamdulilah Seminggu lama nya saya liburan akhir tahun bersama keluarga di rumah saya sendiri di bilangan bogor, agar hemat biaya dan sambil belajar hidup prihatin dengan tujuan menghindari suasana hura hura yang menurut saya tidak ada gunanya , maka itu saya pilih untuk merenung dan intropeksi diri ,tentang bisnis dan tentang kehidupan saya di tahun 2015 yang akan berlalu, dengan harapan bisa lebih baik di tahun 2016 yang akan datang ini, amin..

Hasil dari intropeksi dan perenungan saya ,ada banyak hal yang harus dirubah atau dimodifikasi agar bisnis yang saya jalanin sekarang bisa besar dan berkembang ,atau bahasa gaulnya ” Move On ” seperti :

1. Saya harus berpikir terus dan mencoba pelan pelan agar bisa menjalankan bisnis itu tanpa kehadiran saya.

2. Saya harus membangun tim yang solid , agar bisnis itu bisa jalan sesuai koridornya.

3. Saya harus bisa mengelola keuangan pribadi dan keuangan perusahaan yang baik.

Waktu beberapa hari yang lalu ,saya pernah baca di suatu buku ,yang menurut saya sangat bagus untuk saya dan anda sebagai bahan masukan untuk kemajuan bisnis kita di tahun 2016 yang akan datang ini, agar kita bisa terhindar dari kesalahan kesalahan itu.

saya akan sharing kesalahan kesalahan dalam pengeleloaan keuangan yang harus saya dan anda hindari sebagai seorang pengusaha sebagai berikut :

1. Jangan terlalu nafsu mengeluarkan uang dalam membuka suatu bisnis atau cabang bisnis ,,seharusnya mulailah dengan riset dulu ,tes pasar dulu , survey survey dulu ,banding bandingkan dulu , menurut saya mulailah dari hal yang sederhana seperti membuka bisnis secara online dulu , buka website dulu , atau sebar sebar brosur dulu , atau jual di facebook dulu , atau di path dulu , atau di tweeter dulu ,,sampai kita benar benar mengetahui berapa banyak pelanggan kita..

2. Jangan membiayai kebutuhan bisnis dengan uang pribadi..

3. jangan menggabungkan rekening pribadi dengan rekening perusahaan.

4. Jangan meminjam modal bisnis dengan modal hutang ,contohnya Kartu kredit , Kta ,dan jenis hutang lainnya.

5. Hindari hutang konsumtif ,seperti cicilan elektronik  ,cicilan mobil mewah , dan cicilan yang akhirnya hanya mengurangi nilai aset tersebut.

demikianlah tulisan saya ini , semoga bermamfaat , saya hanya belajar menulis dan ingin berbagi, saya doakan anda tambah sukses di tahun 2016 ini ,dan tolong doakan saya juga agar menjadi pengusaha yang besar , tangguh, dan berkarakter..amin..

follow tweeter saya : @gustisantana

website bisnis saya : www.santanapromosindo.com

www.cireslapak.com

www.soviehouse.com

www.tasyacookies.com

Terima kasih..

 

This entry was posted in Santana Promosindo. Bookmark the permalink.

Comments are closed.